Selasa, 17 Oktober 2017

Pengantar Bisnis Informatika #1 - Tugas

Visualisasi Penanganan Kenakalan Remaja Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe After Effect

Penulisan Ilmiah ini telah disidangkan dan lulus pada tanggal 3 Agustus 2017, dengan Dosen Pembimbing ibu Dr. Karmilasari, S.Kom, MM. Penulisan Ilmiah ini menggunakan basis multimedia dalam perancangannya khususnya animasi. Perancangan ini menghasilkan sebuah video animasi yang berkonsep dari ceramah Ustadz Felix Shiauw tentang penanganan kenakalan remaja yaitu pacaran. Tujuan penulisan ini adalah untuk merancang dan membangun visualisasi penanganan kenakalan remaja berbasis multimedia dengan menggunakan Adobe After Effect.
Tahapan penelitian yang dilakukan adalah pertama Study Literature untuk pengumpulan data. Data yang paling krusial yaitu adalah suara ceramah Ustadz Felix Shiauw yang diambil dari akun YouTube resmi “Yuk Ngaji”. Selanjutnya adalah tahap pembuatan konsep. Tahap ini terdiri dari beberapa langkah, di antaranya pembuatan storyboard serta pembuatan dan penempatan aset. Pembuatan konsep dari penelitian ini dimulai dari pembuatan storyboard manual dengan menggunakan kertas dan pulpen. Kemudian pembuatan daftar konsep aset, serta penempatan posisi aset pada scene tertentu dengan menggunakan sofwere notepad. Tahap ini disesuaikan dengan sound yang telah dipilih. Tujuannya adalah untuk digunakan sebagai tolak ukur dari perancangan animasi.
Ketiga adalah tahap Perancangan animasi untuk pembuatan rancangan yang didasari konsep. Perancangan animasi ini dimulai dari pembuatan aset secara digital berupa teks, karakter, objek, logo, tanda, efek dan latar belakang tempat berdasarkan daftar aset pada konsep dengan menggunakan  sofwere Adobe Illustrator, kemudian mencocokkan aset yang telah dibuat tersebut dengan sound yang telah dipilih untuk menentukan durasi waktu dengan didasari oleh storyboard, lalu membuat background yang juga didasari oleh storyboard menggunakan software Adobe After Effect, hingga menganimasikan keseluruhan aset dengan memberikan beberapa efek transformasi yaitu PositionScaleRotation, dan Opacity menggunakan software yang sama yaitu software Adobe After Effect. Sehingga aset yang telah dibuat bisa mengikuti konsep pada storyboard.
Tahap akhir adalah tahap Finishing untuk mengeluarkan hasil berupa aplikasi multimedia dan merupakan tahap akhir dari proses visualisasi. Tahap ini terdiri dari beberapa langkah, di antaranya renderingcompressing dan uji coba. Diawali dengan rendering, semua konsep yang telah dibuat akan diterjemahkan dalam bentuk animasi menggunakan software Adobe After Effect. File dari hasil  rendering biasanya berukuran besar dan membutuhkan proses compressing agar file tersebut bisa kompatibel untuk penggunaannya. Proses compressing menggunakan software HandBrake. Tahap terakhir adalah tahap uji coba dengan meminta penilaian tentang unsur multimedia dan materi yang terkandung dalam aplikasi multimedia ini kepada beberapa responden.. Hasil aplikasi multimedia ini diuji coba kepada 40 responden dengan poin penilaian unsur multimedia (background, teks, gambar, layout, animasi, suara) dan materi (plot, pesan). Secara umum aplikasi ini dinilai baik (3.38 untuk rentang 1 – 4).
Ada beberapa software yang digunakan dalam perancangan ini yaitu software utama Adobe After Effect untuk transformasi animasiserta software pendukung Adobe Illustrator untuk pembuatan aset, HandBrake untuk tahap compressing dan Notepad untuk pengetikan naskah. Perangkat keras yang digunakan adalah personal computer dengan OS Windows 10 Enterprise 64-bit dan memory 4096MB RAM.

Perancangan dan pembangunan aplikasi berbasis multimedia ini sangat signifikan perkembangannya, khususnya di era modern sekarang. Berbagai bisnis berbasis digital secara garis besar membutuhkan suatu media explaner untuk menjelasnya produk atau jasa yang bisnis tersebut tawarkan kepada konsumen. Sebagian besar target pasar dari bisnis modern adalah orang-orang dengan kehidupan digital dan multimedia dengan kesehariannya. Video animasi harus dikemas unik mungkin untuk menarik perhatian dari konsumen. Dengan pengadaan aplikasi multimedia diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan dapat mudah dipahami oleh masyarakat luas umumnya dan target pasar perusahaan yang bersangkutan khususnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar