Selasa, 17 Oktober 2017

Pengantar Bisnis Informatika #1 - Penulisan

Bisnis Informatika
Bisnis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang – kepariwisataan. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) menurut wikipedia Indonesia adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasiTeknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. Jadi secara umum Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi di sini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet. (Sumber: https://id.wikipedia.org, https://kbbi.kemdikbud.go.id/)

Gambaran

IKEA adalah sebuah perusahaan ritel perabot untuk rumah dari Swedia. Pada musim dingin 2004, terdapat 202 toko IKEA di 32 negara di berbagai belahan dunia dengan sekitar 20 lagi yang akan dibuka pada 2005. Katalog IKEA yang berisi info produk IKEA diperkirakan adalah buku yang pendistribusiannya kedua terluas setelah Alkitab dan biasanya diperbaharui tiap Agustus. Hingga saat ini IKEA tidak memiliki toko di Indonesia.
Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd Ola. Awalnya, IKEA menjual berbagai barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam   tangan.   Perabotan   mulai   masuk   ke   dalam   daftar   pada   1947   dan   IKEA  mulai merancang   sendiri   pada   1955.   Penjualan   pada   mulanya   dilakukan   melalui   pos   dan kemudian sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo, Norwegia. Sejak tahun 1997, IKEA telah meningkatkan jumlah toko menjadi 51. Perusahaan ini terdiri dari 165 toko pada bulan Agustus 2003, dan ada rencana untuk membuka 16 toko baru di 2004 dan 2005. Namun, meskipun perusahaan membuka 14 toko baru pada tahun 2003, pertumbuhan penjualan hanya 2,7%, terutama sebagai akibat dari kondisi ekonomi tertekan di seluruh Eropa, wilayah inti bisnis perusahaan. (Pasar  Database Informasi Global, 2004).

Produksi

Dengan demikian, jelas bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja pada tingkat yang signifikan, hanya membuka toko baru saja tidak cukup.  Sebaliknya, IKEA harus menilai   lingkungan   eksternal   dan   kompetitif,   dengan   menentukan   kesempatan   dan ancaman kunci yang IKEA hadapi, dan menyelaraskan kekuatan dan kelemahan terbaik untuk melawan pasar konsumen lemah.
Bisnis   IKEA   tumbuh  dari   kekuatan   ke   kekuatan   sejak   Kamprad   mengambil keputusan untuk mentransfer kepemilikan bisnis untuk Stichting Ingka. Sejak saat itu perusahaan telah beralih dari menjual ikan, benih sayuran dan majalah, seperti yang terjadi pada tahun 1943 menjadi alat rumah tangga perabot lainnya, termasuk makan, bantal, pencahayaan dan karpet. Di dalam sejumlah toko juga menyediakan restoran dan kafe.  Tahun terakhir IKEA telah menunjukkan penurunan dalam pertumbuhan penjualan. Sebuah   penurunan   dalam   kondisi   ekonomi   di   pasar   inti   Eropa   perusahaan   telah memainkan peran yang cukup besar dalam deselerasi. Faktor kunci dalam perlambatan adalah mungkin kurangnya arah strategis.  Dikendalikan oleh IKEA dari Swedia, strategi pemasaran diatur di seluruh dunia dengan sedikit variasi dan mungkin ini menjadi faktor dalam penurunan pertumbuhan penjualan baru-baru ini. Namun, perbaikan dalam iklim ekonomi di Eropa dan niat perusahaan untuk mengembangkan   bisnisnya   kuat   di   Cina,   Jepang   dan   Rusia   dapat   menyebabkan peningkatan dalam kinerjanya. Sifat yang dikembangkan dari pasar Jepang menawarkan potensial jangka pendek potensial, dengan pola belanja yang kebarat-baratan, meskipun Rusia dan Cina menawarkan potensial jangka menengah dengan daya beli meningkat, itu tetap relatif rendah.  Namun, untuk menghasilkan kemajuan dalam kinerja, IKEA harus hati-hati menganalisis dan mempertimbangkan isu-isu kunci dalam lingkungan eksternal dan bertindak sesuai.

Konsep

IKEA ditemukan pada sebuah perusahaan furniture dengan harga jual yang sangat rendah. IKEA mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas di seluruh dunia. Baik itu di Negara berkembang maupun di Negara maju, dengan konsep penawaran menjual barang furniture   dengan   harga  jual   sangat  rendah. IKEA adalah   perusahaan   furnitur   kreatif dengan omset $ 10 miliar yang berbasis di Swedia. Dengan lebih dari 230 toko di 23 negara. IKEA adalah salah satu perusahaan retail yang didirikan oleh Ingvar Kamprad, yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia, pada tahun 1943 saat ia berusia 17 tahun. Kesuksesannya digambarkan dengan gaya penjualan “ambisi sosial” Konsumen akan terkagum-kagum dan sangat excited dengan banyaknya jenis furnitur dengan harga yang terjangkau. Mulai dari meja, kursi, tempat tidur, lemari, peralatan dapur, kamar mandi, perabot anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bentuk plant layout IKEA kebanyakan adalah balok biru besar, di dalamnya juga diatur sedemikian rupa sehingga pelanggan betah untuk berbelanja di sana. IKEA terkenal dengan design-nya yang unik dan modern namun dengan harga yang terjangkau. Tanpa mengurangi kualitas barang.

Kelebihan :
1.    Memiliki rancangan produk yang modern dan unik.
2.    Mempunyai ciri khas yaitu toko dengan balok biru besar dengan jendela yang minim
3.    Dikenal di mancanegara
4.    Dapat mengurangi kuantitas bahan tanpa mengurangi kualitas barang yang bersangkutan
Kekurangan :
1.    Harga yang terjangkau memberikan kesan “murahan” bagi beberapa konsumen
2.    Kebanyakan konsumen tidak sepenuhnya melakukan perbelanjaan secara online karena tidak puas melihat barang melalui perangkat online dan tetap lebih memilih untuk berkunjung ke toko konkret.
         
Perkembangan Bisnis Informatika di dunia dan Indonesia
Pada zaman sekarang perkembangan teknologi informasi terjadi sangat pesat dan tidak bisa dihindari. Sejak komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1955, peradaban dunia mengalami perkembangan informasi yang baru dan cepat yang didukung dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi ini juga sangat mempengaruhi dalam dunia bisnis. Pada saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknologi dalam menjalankan bisnis perusahaan tersebut. Penerapan TIK menyebabkan perubahan kebiasaan dalam bidang bisnis salah satunya yaitu E-commerce yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk mereka karena hanya dengan menggunakan media internet produk tersebut bisa terjangkau semua kalangan.
Perkembangan TIK yang sangat dirasakan dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia yaitu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan bisnis dengan rekan bisnis mereka yang berada di negara lain saat ini sangat mudah untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Penggunaan video conference ini banyak digunakan di semua industri global.
Selain mempengaruhi pada pengusaha yang mempunyai perusahaan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya, perkembangan TIK juga sangat berdampak besar terhadap pegawai perusahaan. Pada saat ini pegawai perusahaan tidak perlu memberikan lembaran pekerjaan dalam bentuk kertas namun bisa memanfaatkan fasilitas email gratis untuk mengirimkan hasil laporan kerja.
Perkembangan TIK dalam dunia bisnis dapat membantu urusan bisnis lebih cepat tanpa menggunakan biaya yang begitu besar seperti untuk mengumpulkan para karyawan satu per satu untuk rapat dengan memanfaatkan fitur pada handset ponsel pintar sehingga rapat bisa dilaksanakan di mana saja tanpa harus berkumpul di satu tempat.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi yang ada di Indonesia. Salah satu jenis bisnis informatika yang sedang berkembang pesat di Indonesia yaitu E-Commerce yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor modal dalam melakukan bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang besar contohnya untuk memulai usaha E-commerce karena dengan mampu membuat website yang menarik perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran yang dilakukan pemilik  e-commerce maka konsumen dan keuntungan penjualan akan menghampiri bisnis tersebut.  Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia seperti contoh di atas dan faktor yang mendukung maka tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan zaman bisa membuat seluruh bidang bisnis di masa depan lebih maju dengan menggunakan segala sesuatu yang berhubungan erat dengan bidang informatika. (Sumber: https://hilariadevita.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar