Bisnis
Informatika
Bisnis
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah usaha komersial dalam dunia
perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang –
kepariwisataan. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) menurut wikipedia Indonesia adalah payung besar
terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan
informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi
segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah
segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan
mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu,
teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak
terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas
yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan,
pemindahan informasi antar media. Istilah
TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak)
dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.
Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi
lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan
dan belum terlihat titik jenuhnya. Jadi secara umum Bisnis informatika adalah
suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai
(value) dengan tujuan mendapatkan
keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi
informasi di sini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi
seperti internet. (Sumber: https://id.wikipedia.org, https://kbbi.kemdikbud.go.id/)
Gambaran
IKEA adalah sebuah perusahaan
ritel perabot untuk rumah dari Swedia. Pada musim dingin 2004, terdapat 202
toko IKEA di 32 negara di berbagai belahan dunia dengan sekitar 20 lagi yang
akan dibuka pada 2005. Katalog IKEA yang berisi info produk IKEA diperkirakan
adalah buku yang pendistribusiannya kedua terluas setelah Alkitab dan biasanya
diperbaharui tiap Agustus. Hingga saat ini IKEA tidak memiliki toko di
Indonesia.
Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah
menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd;
dan desanya, Agunnaryd Ola. Awalnya, IKEA menjual berbagai
barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan.
Perabotan
mulai
masuk
ke
dalam
daftar
pada
1947
dan
IKEA
mulai merancang sendiri
pada
1955.
Penjualan
pada
mulanya
dilakukan
melalui
pos
dan
kemudian sebuah toko dibuka di Älmhult
yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963,
toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker,
dekat Oslo, Norwegia. Sejak tahun 1997, IKEA telah meningkatkan jumlah toko
menjadi 51. Perusahaan ini terdiri dari 165 toko pada bulan Agustus 2003, dan
ada rencana untuk membuka 16 toko baru di 2004 dan 2005. Namun, meskipun
perusahaan membuka 14 toko baru pada tahun 2003, pertumbuhan penjualan hanya
2,7%, terutama sebagai akibat dari kondisi ekonomi tertekan di seluruh Eropa,
wilayah inti bisnis perusahaan. (Pasar Database Informasi Global, 2004).
Produksi
Dengan demikian, jelas bahwa
dalam rangka meningkatkan kinerja pada tingkat yang signifikan, hanya membuka
toko baru saja tidak cukup. Sebaliknya,
IKEA harus menilai lingkungan eksternal
dan
kompetitif,
dengan
menentukan
kesempatan
dan
ancaman kunci yang IKEA hadapi, dan menyelaraskan kekuatan dan kelemahan
terbaik untuk melawan pasar konsumen lemah.
Bisnis IKEA tumbuh dari
kekuatan
ke
kekuatan
sejak
Kamprad mengambil
keputusan untuk mentransfer kepemilikan bisnis untuk Stichting Ingka. Sejak saat itu perusahaan telah beralih dari
menjual ikan, benih sayuran dan majalah, seperti yang terjadi pada tahun 1943
menjadi alat rumah tangga perabot lainnya, termasuk makan, bantal, pencahayaan
dan karpet. Di dalam sejumlah toko juga menyediakan restoran dan kafe. Tahun terakhir IKEA telah menunjukkan
penurunan dalam pertumbuhan penjualan. Sebuah penurunan dalam kondisi
ekonomi di pasar inti Eropa perusahaan
telah memainkan peran yang cukup
besar dalam deselerasi. Faktor kunci dalam perlambatan adalah mungkin kurangnya
arah strategis. Dikendalikan oleh IKEA dari
Swedia, strategi pemasaran diatur di seluruh dunia dengan sedikit variasi dan
mungkin ini menjadi faktor dalam penurunan pertumbuhan penjualan baru-baru ini.
Namun, perbaikan dalam iklim ekonomi di Eropa dan niat perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya kuat di Cina,
Jepang dan Rusia dapat menyebabkan peningkatan dalam kinerjanya.
Sifat yang dikembangkan dari pasar Jepang menawarkan potensial jangka pendek
potensial, dengan pola belanja yang kebarat-baratan, meskipun Rusia dan Cina
menawarkan potensial jangka menengah dengan daya beli meningkat, itu tetap
relatif rendah. Namun, untuk
menghasilkan kemajuan dalam kinerja, IKEA harus hati-hati menganalisis dan
mempertimbangkan isu-isu kunci dalam lingkungan eksternal dan bertindak sesuai.
Konsep
IKEA ditemukan pada sebuah perusahaan furniture dengan harga jual yang sangat rendah.
IKEA mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas di seluruh dunia. Baik itu di Negara
berkembang maupun di Negara maju, dengan konsep penawaran menjual barang furniture dengan harga jual sangat rendah. IKEA adalah perusahaan
furnitur
kreatif
dengan omset $ 10 miliar yang berbasis di Swedia. Dengan lebih dari 230 toko di
23 negara. IKEA adalah salah satu perusahaan retail yang didirikan oleh Ingvar Kamprad, yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di
dunia, pada tahun 1943 saat ia berusia 17 tahun. Kesuksesannya digambarkan
dengan gaya penjualan “ambisi sosial” Konsumen akan terkagum-kagum dan sangat excited dengan banyaknya jenis furnitur dengan
harga yang terjangkau. Mulai dari meja, kursi, tempat tidur, lemari, peralatan dapur,
kamar mandi, perabot anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bentuk plant layout IKEA kebanyakan adalah balok biru besar, di dalamnya juga diatur
sedemikian rupa sehingga pelanggan betah untuk berbelanja di sana. IKEA
terkenal dengan design-nya yang unik
dan modern namun dengan harga yang terjangkau. Tanpa mengurangi kualitas
barang.
Kelebihan
:
1.
Memiliki rancangan produk yang modern dan
unik.
2.
Mempunyai ciri khas yaitu toko dengan balok
biru besar dengan jendela yang minim
3.
Dikenal di mancanegara
4.
Dapat mengurangi kuantitas bahan tanpa
mengurangi kualitas barang yang bersangkutan
Kekurangan
:
1.
Harga yang terjangkau memberikan kesan
“murahan” bagi beberapa konsumen
2.
Kebanyakan konsumen tidak sepenuhnya melakukan
perbelanjaan secara online karena
tidak puas melihat barang melalui perangkat online
dan tetap lebih memilih untuk berkunjung ke toko konkret.
Perkembangan
Bisnis Informatika di dunia dan Indonesia
Pada zaman sekarang
perkembangan teknologi informasi terjadi sangat pesat dan tidak bisa dihindari.
Sejak komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1955, peradaban dunia
mengalami perkembangan informasi yang baru dan cepat yang didukung dengan
kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi ini juga sangat mempengaruhi
dalam dunia bisnis. Pada saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang
menerapkan teknologi dalam menjalankan bisnis perusahaan tersebut. Penerapan
TIK menyebabkan perubahan kebiasaan dalam bidang bisnis salah satunya yaitu E-commerce yang banyak digunakan oleh
perusahaan dalam memasarkan produk mereka karena hanya dengan menggunakan media
internet produk tersebut bisa terjangkau semua kalangan.
Perkembangan TIK yang sangat
dirasakan dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia yaitu memberikan kemudahan
dan kelancaran dalam menjalankan bisnis dengan rekan bisnis mereka yang berada
di negara lain saat ini sangat mudah untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu
dengan memanfaatkan video conference
maupun internet call yang bisa digunakan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya
yang terlalu mahal. Penggunaan video conference
ini banyak digunakan di semua industri global.
Selain mempengaruhi pada
pengusaha yang mempunyai perusahaan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya,
perkembangan TIK juga sangat berdampak besar terhadap pegawai perusahaan. Pada
saat ini pegawai perusahaan tidak perlu memberikan lembaran pekerjaan dalam
bentuk kertas namun bisa memanfaatkan fasilitas email gratis untuk mengirimkan
hasil laporan kerja.
Perkembangan TIK dalam dunia
bisnis dapat membantu urusan bisnis lebih cepat tanpa menggunakan biaya yang
begitu besar seperti untuk mengumpulkan para karyawan satu per satu untuk rapat
dengan memanfaatkan fitur pada handset
ponsel pintar sehingga rapat bisa dilaksanakan di mana saja tanpa harus
berkumpul di satu tempat.
Perkembangan bisnis
informatika di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi yang
ada di Indonesia. Salah satu jenis bisnis informatika yang sedang berkembang
pesat di Indonesia yaitu E-Commerce
yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna
internet di Indonesia yang semakin meningkat merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor
modal dalam melakukan bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang
besar contohnya untuk memulai usaha E-commerce
karena dengan mampu membuat website
yang menarik perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran
yang dilakukan pemilik e-commerce maka konsumen dan keuntungan
penjualan akan menghampiri bisnis tersebut.
Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam dunia bisnis di dunia dan
Indonesia seperti contoh di atas dan faktor yang mendukung maka tidak bisa dipungkiri
bahwa dengan adanya perkembangan zaman bisa membuat seluruh bidang bisnis di
masa depan lebih maju dengan menggunakan segala sesuatu yang berhubungan erat
dengan bidang informatika. (Sumber: https://hilariadevita.wordpress.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar