Selasa, 30 September 2014

Tugas 2


Assalamualaikum warahmatullah wabarokatu..
salam sejahtera buat kita semua..
ini adalah postingan terbaru dari penulis, yang sudah lama tidak muncul karna berbagai kesibukan (sok sibuk). ini adalah tugas kedua dari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar dan akan diikuti dengan tugas ketiga dan keempat di entri lain. di sini penulis latepost karena kebetulan tugas yang penulis buat ini sebelumnya ada di laptop, tapi sekarang laptopnya gak tau kemana :( (curhat) jadi harus ngetik ulang. but, it's ok, semoga tidak mengurangi minat baca para reader semua, selamat membaca..

Peran pemuda dalam pembangunan di indonesia


Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip "memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan" (menurut Brundtland Report dari PBB, 1987. Pembangunan berkelanjutan adalah terjemahan dari Bahasa Inggris, sustainable development. Salah satu faktor yang harus dihadapi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan pembangunan ekonomi dan keadilan sosial. (oman)

Pemuda menurut kamus besar bahasa indonesia ialah pe·mu·da n orang muda laki-laki; remaja; teruna: para -- ini akan menjadi pemimpin bangsa;~ tawon ki pemuda yg selalu bergantung pd induk semangnya. Sedangkan dalam pengertiannya dalam pemikiran penulis pribadi, Pemuda adalah seseorang yang berumur produktif biasanya sekitar umur 17-24 tahun, tapi pemuda biasanya seorang yang produkif sebelum ia menikah. Sedangkan pembangunan adalah semangat dan jiwa untuk pembangun bangsa ke arah yang lebih baik. Jadi peran pemuda dalam pembangunan di indonesia adalah peran seseorang yang berusia produktif yang diharapkan karena semangat dan pemikiran seorang pemuda itu masih segar yang tentunya pemuda masa inilah yang akan menjadi pemimpin bangsa ini di masa depan.

Peran pemuda dalam pembangunan negara terbilang berpengaruh, disamping dalam pembangunan di pusat maupun pembangunan di daerah.

Pembangunan di pusat memang banyak dipengaruhi oleh orang-orang yang lebih tua dan berpengalaman, namun tidak menutup kemungkinan jika para pemuda ikut sert dalam pembangunan pusat, contohnya saja di dalam DPR-RI atau DPD, banyak wakil rakyat yang berusia muda namun sudah banyak mendapat kepercayaan dari berbagai pihak untuk mewakili rakyat.

Kebanyakan pembangunan di daerah sangat dipengaruhi oleh pemuda jika dibandingkan dengan pembangunan di pusat. Beberapa daerah memiliki sistem pengbangunan daerah yang bergantung bahkan sangat bergantung pada pemuda. di beberapa dareah terpencil contohnya pemuda berperan dalam beberapa tindakan di daerahnya, contohnya saja peran-peran kecil seperti remaja mesjid, pendirian gedung multifungsi, pendirian pos ronda, perlomban seperti MTQ dan sebagainya.

Jadi, pemuda sedikit banyaknya berpengaruh terhadap pembangunan di indonesia, walaupun hanya beberapa pemuda yang menjalankan perannya dengan baik, namun hanya dengan itu mereka sebenarnya telah berpengaruh terhadap pembangunan di indonesia, dan seharusnya semua anggota masyarakat juga memberi peluang dan kesempatan kepada pemuda untuk menjalankan perannya.

Sumber : 
id.wikipedia.org
google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar